Sleman (MTsN 5 Sleman)- Sebagai salah satu wujud dari outing class dan terealisasinya program kerja madrasah, MTs Negeri 5 Sleman pada tahun 2024 kembali menyelenggarakan studi wisata atau yang biasa disebut Rihlah Tarbawiyah merupakan kegiatan tahunan MTsN 5 Sleman yang diikuti oleh seluruh kelas 8 berjumlah 125 siswa baik ikhwan maupun akhwat dan 20 pendamping.
Tujuan Studi wisata ini diperoleh dengan sebelumnya menyebar angket kepada siswa, pilihan terbanyak dari polling siswa ini yang menjadi landasan tujuan dari studi wisata ini. Adapun destinasi wisata kali ini ke Bromo dan Batu, Jawa Timur. Berangkat pada hari Rabu, 10 Januari 2024 sampai dengan Sabtu, 13 Januari 2024. Rombongan berangkat menggunakan bus bersama Tour Leader dari PT. Prima Anjangria.
Sampai di Sukapura Bromo pada dini hari keesokan harinya, seluruh peserta Rihlah menaiki shuttle (Jeep) menuju pananjakan Bromo. Kemudian peserta menuju Bukit Teletubis dan menyantap sarapan pagi. Setelah sarapan, kegiatan bebas di Padang Pasir dan Kawah Bromo. Setelah puas berfoto, peserta melanjutkan perjalanan.
Perjalanan selanjutnya museum angkut , Wisata taman Santera dengan taman bunga dan aneka permainan Wisata, Predator Fun Park Jatim Park 3 dan tepatnya di wahana The Legend Star, yang menyajikan beragam patung lilin dari para tokoh dan artis dunia, Batu Night Spectaculer (BNS) dengan berbagai wahana Permainan. Peristirahatan rombongan di hotel Wonderland hotel. Usai kunjungan dari berabagai lokasi wisata rombongan pulang perjalanan ke Yogyakarta.
Setelah pelaksanaan studi wisata siswa diwajibkan membuat laporan secara berkelompok untuk pemenuhan tugas mata pelajaran Bahasa Indonesia, dengan bimbingan bpk ibu guru mata pelajaran Bahasa Indonesia.
Alhamdulillah pelaksanaan studi wisata dapat berjalan dengan baik. Apresiasi yang tinggi saya sampaikan kepada bapak ibu semua atas kinerja yang telah disumbangkan dalam program ini. Alhamdulillah para siswa siswi secara umum terkendali dan disiplin waktu sehingga program berjalan sesuai rundown. Semoga pelaksanaan studi wisata tahun ini dapat menjadi referensi untuk tahun depan meski tidak meninggalkan evaluasi dari semua kegiatan yang ada. Semoga rasa lelah, kantuk dapat terobati dengan suksesnya kegiatan ini dan menjadi amal shalih kita semua, Kata Busyroni Majid selaku kepala MTsN 5 Sleman. (Err)