Kemenag Selman News (MTsN 5 Sleman) — Rabu, 17 Juli 2024 Siswa-siswi baru Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 5 Sleman yang beralamat di Jalan Klaci, Sidoagung, Godean, Sleman melakukan kunjungan musium pada hari ketiga MATSAMA.

Dalam acara MATSAMA ini destinasi yang dikunjungi oleh siswa-siswi baru MTsN 5 Sleman yaitu Museum Soeharto.

Museum Memorial Jenderal Besar HM.Soeharto merupakan museum khusus yang di bangun oleh H. Probosutedjo, adik kandung Jenderal besar HM. Soeharto untuk mengenang jasa dan pengabdian, serta penghargaan terhadap prestasi dan keberhasilan beliau dalam membangun dan memimpin negeri ini. Museum ini diresmikan pada tanggal 8 Juni 2013 bertepatan dengan hari lahir Soeharto pada tanggal 8 Juni 1921, di Dusun Kemusuk, Desa Argomulyo, Kecamatan Sedayu, Kabupaten Bantul, D.I. Yogyakarta. Museum di bawah kepemilikan dan pengelolaan Yayasan Wangsa Manggala Yogyakarta.

Rombongan tiba di museum pukul 11.00 WIB. Disambut petugas museum Soeharto dengan sangat ramah di pendopo Soeharto.

Siswa-siswi sekolah tampak sangat antusias dalam menelusuri setiap ruangan, hal tersebut terlihat dari banyaknya pertanyaan dari siswa-siswi MTsN 5 Sleman kepada pendamping dan pemandu yang berada di destinasi tersebut,” jelas Sigit Wahyu Haryanto selaku ketua panitia MATSAMA.

   

Makan siang dan sholat berjamaah juga di pendopo Soeharto yang berada ditengah museum. Alhamdulillah anak-anak tertib dan menjaga kebersihan, terang Sigit.

Kepala MTsN 5 Sleman menyampaikan bahwa, “kegiatan ini dimaksudkan sebagai sarana edukasi pendidikan generasi penerus sekaligus generasi muda agar lebih mencintai museum sejak dini. Diharapkan dengan diadakannya kegiatan tersebut dapat menumbuhkan wawasan dan kecintaan generasi muda terhadap warisan budaya dan dapat turut serta melestarikan warisan budaya, selain itu juga dapat menumbuhkan kecintaan generasi muda terhadap museum dan menumbuhkan minat para pelajar untuk berkunjung ke museum.” (err)