Seluruh guru dan pegawai MTsN 5 Sleman turut serta dalam upacara peringatan Hari Amal Bakti (HAB) Ke-78 Kementerian Agama Kabupaten Sleman di Museum Gunung Merapi Sleman, pada Rabu (03/01/24) pukul 07.00 WIB dengan mengenakan kaos resmi yang dikeluarkan oleh Kemenag yaitu kaos berwarna biru dongker berlogo HAB Kemenag 78.

Busyroni Majid selaku kepala MTsN 5 Sleman menyampaikan, Kekompakan guru dan pegawai MTsN 5 Sleman menunjukkan semangat dan keseriusan dalam memperingati momen bersejarah tersebut. “Kita harus mempunyai rasa nasionalisme dengan mengikuti upacara secara khidmat”, ujarnya.

Guru pegawai MTsN 5 Sleman mengapresiasi dan rasa syukur atas peran Kementerian Agama dalam memajukan dunia pendidikan di Indonesia. “Mereka juga menekankan pentingnya peran ASN dalam mendukung visi dan misi Kementerian Agama, terutama dalam mengembangkan pendidikan agama yang berkualitas dan bernilai moral”, imbuh Majid.

Adapun rangkaian acara pada puncak semarak HAB Kemenag 78 yaitu apel HAB Kemenag 78, pemotongan tumpeng, pengumuman lomba bola voli plastik yang mana dalam lomba bola plastik ini alhamdulillah MTsN 5 Sleman meraih juara 3. Hadiah yang diperoleh berupa piala dan uang sebesar Rp 200.000,- .

Selanjutnya ada pengumuman video kreasi HAB 78, penyerahan Beasiswa oleh DWP, penyerahan sembako oleh DWP, penyerahan sertifikat tanah wakaf, pengukuhan; IPARI, pokja penyuluh agama, pokja pengawas pendidikan agama, musyawarah guru mata pelajaran pendidikan lintas agama Kab. Sleman, pelepasan burung oleh pasangan pengantin, sapa warga, dan penanaman pohon serta membersihkan tempat ibadah, Pentas seni dan pembagian doorprize dengan hadiah utama umroh.

Kebersamaan para GTK dari berbagai instansi di bawah naungan kementerian Agama Kabupaten Sleman menciptakan suasana meriah dan memperkuat persatuan dalam menjalankan tugas-tugas penting dalam bidang keagamaan dan pendidikan.

Keikutsertaan guru dan pegawai MTsN 5 Sleman dalam peringatan HAB Ke-78 di musium gunung merapi mencerminkan komitmen kita untuk terus berkontribusi dalam mengembangkan sektor pendidikan dan agama di Indonesia, sejalan dengan semangat perjuangan bangsa. (err-pwe)