MTsN 5 SlemanNews – Pembelajaran outing class menjadi metode pengajaran yang dilakukan di luar ruang kelas dengan tujuan mengembangkan kemampuan dan keterampilan siswa. Kegiatan ini bisa dijalankan di lingkungan madrasah atau lainnya. Kegiatan outing class bisa dilaksanakan dengan melibatkan siswa dalam kegiatan di luar ruangan, seperti mengobservasi objek di sekitar madrasah.

Pembelajaran dengan metode ini bisa juga dilakukan dengan mengajak siswa pergi keluar dari madrasah dan memberikan tugas untuk mengamati hal-hal yang mereka lihat, atau mengajak siswa mengunjungi suatu tempat.

Sehubungan dengan hal tersebut di atas, MTsN 5 Sleman melakukan kunjungan lapangan atau perjalanan wisata ke Benteng Vredeburg, Museum Sonobudoyo dan Masjid Ghede Kauman Yogyakarta (19/07/2024).

Kegiatan ini diikuti oleh seluruh siswa kelas VIII, seratus dua puluh tujuh siswa, jelas Suritno wakil kepala madrasah bidang Kurrikulum.

Kepala MTsN 5 Sleman Busyroni Majid berharap dengan melalui kegiatan ini para siswa dapat mengobservasi, menyelidiki, dan belajar tentang objek- objek di luar lingkungan madrasah.

Antusias siswa mendengarkan pemandu dari berbagai obyek yang dikunjungi. Diantaranya menjelajah sejarah perjuangan bangsa Indonesia dengan berkunjung ke Benteng Vredeburg. Benteng yang dibangun sebagai pusat pemerintahan dan pertahanan residen Belanda kala itu, berbentuk persegi dan mempunyai bastion (menara pantau) di keempat sudutnya. Di Venderburg, siswa dapat mengamati berbagai diorama, minirama dan benda-benda bersejarah lainnya.

Begitu juga dengan kunjungan ke museum Sonobudoyo, para siswa tak kenal lelah mengelilingi dan mengamati berbagai benda bersejarah didalam museum Sonobudoyo.

Akhir perjalanan kami di Masjid Ghede Kauman dengan melaksanakan sholat Jumat dan makan siang bersama-sama. “Alhamdulillah anak-anak sehat, selamat, mendapatkan edukasi dan happy,” terang Ritno. (err/pwe)