SLEMAN (MTsN 5 Sleman) — Madrasah binaan Kementerian Agama terus berkembang dan makin kompetitif, baik di akademik maupun non akademik. Salah satunya Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 5 Sleman yang berada di Jalan Klaci, Sidoagung Godean Sleman, Daerah istimewa Yogyakarta.

Alhamdulillah setiap tahun banyak sekali lulusan MTsN 5 Sleman diterima di MAN, SMAN dan SMKN. “Dari sisi akademik, kita mempunyai strategi, sehingga banyaknya siswa yang diterima di Madrasah Aliyah Negeri (MAN), Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) dan Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN),” ujar Suritno selaku wakil kepala bidang kurrikulum.

Busyroni Majid selaku kepala MTsN 5 Sleman menyampaikan ucapan syukur, “Alhamdulillah pencapaian prestasi akademik tersebut sesuai dengan SK dari Direktorat Jenderal Pendis sebagai madrasah akademik, madrasah research, dan madrasah tahfiz.

Majid menyampaikan bahwa MTsN 5 Sleman pada 4 tahun terakhir menjadi madrasah yang terbanyak siswanya diterima di MAN, SMAN dan SMKN. Misalnya, pada tahun ajaran ini 2023/2024, sebanyak 128 siswa, yang diterima di negeri 122 siswa atau 95,31 persen.

MTsN 5 Sleman saat ini menjadi idola karena sudah banyak masyarakat memilih study anak-anaknya ke madrasah ini. Madrasah bukan lagi pilihan kedua, sekarang pilihan utama,” tegas Majid.

Madrasah kini dapat bersaing dengan sekolah sekolah-sekolah lain. Tidak hanya prestasi akademik, namun juga prestasi-prestasi ekstakurikuler.

“Kita menyabet juara tingkat Propinsi bahkan ada yang tingkat nasional diantaranya bulutangkis, silat dan taekwondo, dan lainnya. Semangat menjadi madrasah yang berprestasi dan berakhlak mulia,” tutup Majid. (err)