Visi & Misi
VISI dan MISI
MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 5 SLEMAN
A. Visi Madrasah
“Mewujudkan peserta didik yang berkarakter islami, unggul dalam prestasi dan iptek serta peduli dan berbudaya lingkungan”.
Indikator
1. Peserta didik yang berkarakter islami:
- Memahami dan melaksanakan pelajaran Agama Islam dengan baik dan benar;
- Profil pelajar yang beriman dan bertaqwa kepada Allah Swt. dan berakhlaqul karimah dalam kehidupan sehari-hari;
- Menjadi teladan yang baik bagi teman dan masyarakat;
- Memahami dan melaksanakan moderasi beragama;
- Memiliki kemampuan dalam bidang tahfiz.
2. Unggul dalam prestasi dan iptek
- Unggul dan berprestasi dalam bidang akademis maupun non akademis;
- Mampu melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi dan diterima di sekolah/madrasah favorit;
- Perolehan nilai akademis siswa meningkat dari tahun ke tahun;
- Memiliki ketrampilan abad 21;
- Memiliki kecakapan digital;
3. Peduli dan berbudaya lingkungan:
- Madrasah sehat;
- Aksi kolektif secara sadar, sukarela, berjejaring, dan berkelanjutan dalam menerapkan perilaku ramah lingkungan hidup.
B. Misi
- Mewujudkan profil pelajar yang beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT, yang berakhlaqul karimah dalam kehidupan sehari-hari dan dapat menjadi teladan bagi teman serta masyarakat.
- Menumbuhkan sikap moderasi beragama, baik dilingkungan madrasah maupun di 11 masyarakat.
- Menumbuhkan semangat berprestasi, kritis, kreatif, inovatif dan kolaboratif bidang akademik dan non akademik.
- Menumbuhkembangkan minat, bakat, dan potensi peserta didik untuk meraih prestasi pada tingkat regional maupun nasional.
- Mengembangkan potensi peserta didik yang unggul dalam ilmu pengetahuan dan teknologi melalui pembelajaran yang bermakna.
- Meningkatkan peran stakeholder dalam pengembangan madrasah digital.
- Melaksanakan pembelajaran yang menerapkan kecakapan abad 21.
- Mewujudkan madrasah sehat dan warga madrasah yang peduli serta berbudaya lingkungan.
C. Tujuan Pendidikan MTsN 5 Sleman
- Meningkatkan rata-rata hasil perolehan ASPD setiap tahun hingga mencapai 280
- Terwujudnya pembinaan minat dan bakat peserta didik melalui kegiatan ekstra kurikuler
- Tercapainya budaya meneliti pada pembelajaran riset yang menghasilkan karya ilmiah
- Mengembangkan dan melaksanakan pembelajaran kontekstual, literasi, numerasi dan HOTS
- Terwujudnya budaya kerja yang kondusif, sinergis dan produktif serta lingkungan yang bersih dan sehat
- Terwujutnya pelayan kesehatan yang optimal melalui program UKS/M
- Terwujudnya lingkungan madrasah yang bersih, asri, dan nyaman untuk proses pembelajaran sebagai upaya pelestarian lingkungan.
- Terlaksananya perbaikan dan pembangunan sarana prasarana yang mendukung kegiatan pembelajaran