Sleman (MTsN 5 Sleman) Latihan Dasar Kepemimpinan OSIS MTsN 5 Sleman periode 2021/ 2022 dilaksanakan Senin – Selasa, 24-25 Januari 2022 bertempat di Aula MTsN 5 Sleman. Selama dua hari kegiatan tersebut dimulai jam 07.30 – 12.000 WIB yang diikuti 32 anggota OSIS baru.

Setiap mengawali kegiatan, seluruh peserta selalu mematuhi sesuai protokol kesehatan Covid-19 di lingkungan MTsN 5 Sleman dengan wajib mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, dan menghindari kerumunan. Kegiatan LDK OSIS dibuka oleh Busyroni Majid, Kepala MTsN 5 Sleman. Dalam sambutannnya, Ia memberikan motivasi kepada pengurus OSIS untuk mempunyai karakter yang baik. “Diharapkan dengan mengkuti LDK OSIS ini seluruh anggota OSIS mempunyai pribadi yang disiplin, berkarakter, dan berbudaya, serta bisa menjadi contoh dan teladan bagi peserta didik yang lain,” pesannya.

Rangkaian acara di hari pertama Senin 24 Januari 2022 dimulai pukul 07.30-09.00. Kegaian pertama yaitu pembukaan dan dilanjutkan materi kepemimpinan oleh Busyroni Majid. Ia menjelaskan tentang kepemimpinan seseorang dalam suatu organisasi. Bergabung ke sebuah organisasi merupakan sebuah kesempatan yang harus diambil karena tidak datang dua kali. Seseorang yang dipilih atau terpilih harus mampu menerima dan membiasakan diri untuk menyesuaikan dengan keadaan. Seorang pemimpin harus memiliki ghiroh dan optimis.

Materi kedua pukul 09.00-10.30 yaitu tentang melengkapi kepengurusan dan program kerja membahas tentang membuat planning jangka pendek dan panjang, selalu bersyukur dan pantang menyerah merupakan pegangan bagi jalannya suatu organisasi. “Pengurus OSIS diminta dapat menyesuaikan kegiatan dengan keadaan sehingga program kerja dapat tetap berjalan”, terang Endang Veronika Hartati dan Marfida selaku staf wakabid kesiswaan, pemateri sesi ini.

Materi ketiga pukul 10.30-12.00 tentang keorganisasian oleh Sigit Wahyu Haryono selaku wakabid kesiswaan. Sigit menyampaikan hal yang menjadi kunci suksesnya berorganisasi salah satunya yaitu mengatur waktu. Dalam suatu organisasi sangat penting karena OSIS merupakan contoh bagi seluruh peserta didik lain dalam segala hal sehingga harus biasa  membagi waktu dengan baik. Dalam artian waktu untuk organisasi itu sendiri dan waktu untuk belajar. Sehingga tidak ada alasan untuk tidak menyelesaikan atau menunda tugas.

Kegiatan akan dilanjutkan pada esok hari, Selasa (25/01/22) dengan kegiatan  indoor tentang training motivasi dilanjut outdoor.  Cendikia Puspa…Maju terus… (ERR)