Sleman (MTsN 5 Sleman) – Dengan berakhirnya masa bakti Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) periode 2020/2021, MTsN 5 Sleman menyelenggarakan pemilihan osis (Pemilos) baru  pada Rabu (15/12/2021) secara daring dan luring. Siswa kelas 9 yang terjadwal melaksanakan pendalaman materi ASPD di madrasah, melakukan pemilihan suara di madrasah. Sedangkan siswa yang berada di rumah, melaksakan pemiihan suara secara daring menggunakan media google form. Pemungutan suara diikuti semua civitas madrasah mulai dari para siswa, kepala madrasah, para waka, dewan guru, dan staff tata usaha yang begitu antusias dalam memilih calon ketua osis terbaiknya.

Rangkaian kegiatan Pemilos di MTsN 5 Sleman sudah dilaksanakan sejak 13 Desember 2021 yang diawali dengan pendataan calon OSIS oleh wali kelas, ujian wawancara, orasi calon ketua OSIS, dan puncaknya adalah pemilih ketua OSIS.

Hasil pemilu dimenangkan oleh pasangan M. Jonaficko Tegar P dari kelas 8D dan Diah Puspitasari dari kelas 7C dengan perolehan suara 57,6% dari seluruh surat suara terpakai.

Kepala MTsN 5 Sleman, Busyroni Majid mengungkapkan penyelenggaraan Pemilos ini adalah upaya pembelajaran demokrasi. Dalam wadah OSIS ini, peserta didik dilatih tidak hanya belajar memimpin organisasinya namun juga belajar memberikan teladan akhlakul karimah kepada teman sejawatnya, berprestasi dalam akademik dan nonakademik, menghargai waktu, hingga belajar bagaimana bertanggung jawab dengan amanah yang diembannya. (vha)