Sleman (MTsN 5 Sleman) – MTs Negeri 5 Sleman berhasil meraih dua prestasi tingkat internasional sekaligus. Penghargaan ini diraih oleh Tim Riset Putra dan dan Tim Riset Putri dalam ajang Asean Innovative Science Environmental and Entrepreneur Fair 2021 yang dilaksanakan oleh Indonesian Young Scientist Association (IYSA) yang proses kompetisinya dilaksanakan sejak 3 Desember 2020 sampai 22 Februari 2021. Kedua tim riset MTsN 5 Sleman meraih medali perunggu dalam event tersebut.

Proses penjurian dua tim riset MTsN 5 Sleman yang meraih penghargaan adalah tim putra Ahmad Joko Sampurno dan Muhammad Ridwan Muhlisin dengan judul riset  Garbage Picking Tool In Arduino-Based Rivers. Yaitu membuat alat pembersih sampah sungai secara otomatis. Sedangkan tim riset putri yang terdiri dari Afria Nurcahyani Dewi, Novia Ayu Fitrianingrum, Silmi Hanaya dan Andhinie Inggardian Putri melakukan riset berjudul Formula of Peperomania Pellucida Leaf Extrac Ointment as an Anti-Acne Drug.

MTsN 5 Sleman Raih Penghargaan Internasional

Kedua tim meraih medali perunggu setelah mempresentasikan hasil riset mereka di hadapan juri dalam bahasa Inggris. Kompetisi ini diawali dengan pengiriman abstrak penelitian, bagi yang abstraknya lolos seleksi dilanjutkan dengan membuat video penelitian, paper dan publikasi di media sosial. Kedua tim riset tersebut bersaing dengan 16 negara lainnya dengan jumlah peserta ratusan tim. Lomba tahunan ini ditujukan bagi para peneliti muda untuk mengembangkan dan meningkatkan kemampuan di bidang riset.  Rasa haru dan bangga dirasakan oleh kepala madrasah, berserta seluruh warga MTsN 5 Sleman.

Etyk Nurhayati, Kepala MTsN 5 Sleman menyampaikan “Alhamdulillah, bersyukur, haru dan bangga dengan capaian siswa di tingkat internasioanal ini. Selamat untuk prestasi anak – anak yang sangat membanggakan ini semoga dapat mempertahankan dan meningkatkan prestasi yang telah diraih, dan semoga menjadi motivasi siswa lain untuk meraih prestasi. Terimakasih kepada guru pembimbing yang telah membimbing para siswa dengan sangat baik, serta dukungan dari komite serta keluarga besar MTsN 5 Sleman.” (var)