Sleman (MTsN 5 Sleman) – Selasa 5 Januari 2021 MTsN 5 Sleman mengadakan Workshop Persiapan Akreditasi Tahun 2021. Kegiatan yang diadakan di aula MTsN 5 Sleman diikuti oleh seluruh guru MTsN 5 Sleman. Workshop diadakan dengan tujuan memantapkan kesiapan administrasi akreditasi yang saat ini sudah mengalaami banyak perubahan dari periode sebelumnya.

Setiap madrasah wajib diakreditasi secara berkala untuk mengetahui sejauh mana mutu madrasah tersebut. Etyk Nurhayati, selaku Kepala MTsN 5 Sleman dalam sambutannya menyampaian bahwa, “Pertemuan workshop digelar dalam rangka persiapan pelaksanaan akreditasi yang akan dilaksanakan pada tahun 2021 ini. Untuk itu, seluruh guru dimohon untuk mengikuti workshop ini dengan baik, mencermati instrumen akreditasi dan memahami paparan narasumber, khususnya dalam menyiapkan bukti fisiknya. Dengan persiapan yang baik dan kekompakan bersama Insya Allah akan membuahkan hasil yang baik.”

“Dalam akreditasi yang paling penting adalah komponen mutu guru. Dalam dunia pendidikan, tentunya mutu guru menjadi tolok ukur paling utama yang akan dinilai sehingga guru harus selalu menjaga kualitas mengajarnya dan keprofesionalannya, ujar Pengawas MTsN 5 Sleman, Bapak Harjaka.

Pemaparan materi workshop disampaikan oleh Dra. Hj. Charisatuniswah. Dijelaskan oleh Charisatuniswah, akreditasi di tahun ini berbeda dengan periode sebelumnya. Instrumen akreditasi yang sekarang ini disebut dengan Instrumen Akreditasi Satuan Pendidikan (IASP). Dalam IASP terdapat 4 komponen dan 35 butir atau item. Charisatuniswah juga memaparkan dengan jelas dan rinci mengenai 4 komponen IASP yang memuat Mutu Lulusan, Proses Pembelajaran, Mutu Guru, Manajemen Sekolah. (vra)