Sleman (MTsN 5 Sleman) – Masjid merupakan salah satu sarana pembelajaran bagi siswa di madrasah. Melalui masjid kita dapat mengajarkan berbagai amalan kepada siswa sebagai bekal kelak di kemudian hari, selain ilmu pengetahuan umum yang didapat di bangku sekolah.

Pada tahun 2020 ini MTs N 5 Sleman telah membentuk panitia pembangunan masjid MTs N 5 Sleman yang dimotori oleh kepala MTs N 5 Sleman, Hj. Etyk Nurhayari, S. PdI, M.Pd yang siap merenovasi Mushola yang ada di MTs N 5 Sleman menjadi masjid yang representatif dan mampu menampung jamaah yang maksimal sehingga mampu menjadi tempat ibadah dan laboratorium keagamaan untuk pembelajaran 285 siswa MTs N 5 Sleman yang nyaman.

Pada hari ini Jumat, 10/7/2020, bapak Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama DIY,  Drs. H. Edhi Gunawan, M. PdI, berkenan meletakkan batu pertama pembangunan Masjid MTs N 5 Sleman yang diberi nama masjid Ulil Albab, yang pada kesempatan ini didampingi oleh bapak Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sleman, Drs. H. Sa’ban Nuroni, MA dan beberapa pejabat dilingkungan kantor Kementerian Agama dan pejabat Muspika di Kecamatan Godean.

Pada kesempatan ini juga bapak KaKanwil Kemenag DIY juga melaunching buku antologi puisi karya siswa siswi MTs N 5 Sleman yang berjudul Corona dalam Tinta. Dalam sambutannya bapak KaKanwil Kemenag DIY, memerikan apresiasi yang setinggi tingginya atas kemajuan yang terjadi di MTs N 5 Sleman dan juga mengapresiasi dan mendukung atas dibangunnya masjid 3 lantai ini. Masjid yang akan dibangun ini semoga dapat dimanfaatkan tidak hanya oleh warga madrasah tetapi juga warga sekitarnya. Masjid dikatakan berhasil pembangunannya dapat dilihat dari segi penggunaan masjid tersebut. Masjid tidak harus megah dan bagus, yang penting bagai mana memakmurkan masjid tersebut, pungkasnya mengakhiri sambutan.

Kepala MTs N 5 Sleman Hj. Etyk Nurhayati, S. PdI, M. Pd mengatakan bahwa mempunyai tempat ibadah yang representatif  merupakan harapan setiap umat, termasuk keluarga besar MTs N 5 Sleman, dimana Mushola yang lama sudah tidak mampu menampung jamaah yang ada, padahal kegiatan keagamaan dimadrasah ini sangat padat. Alhamdulillah hari ini menjadi titik awal terwujudnya harapan kami. Semoga pembangunan masjid ini berjalan lancar, sehingga segera dapat difungsikan. Kami ucapkan terima kasih atas dukungan daridan doa restu dari  semua pihak untuk pembangunan masjid ini, pungkasnya. (rien/pewe)

Kontributor : MTSN5SLEMAN