(Sleman – MTsN 5 Sleman) MTsN 5 Sleman kembali menghadirkan inovasi dalam membangun sinergi antara madrasah dan keluarga melalui kegiatan bertajuk GEMAR, akronim dari Gerakan Madrasah–Orang Tua. Program ini dirancang sebagai ruang komunikasi dua arah antara madrasah dan orang tua atau wali murid untuk memantau perkembangan siswa secara menyeluruh.

Kegiatan GEMAR berlangsung di Aula MTsN 5 Sleman dan digelar secara maraton mulai Senin (1/12) hingga Kamis (4/12). Setiap kelas mendapatkan jadwal terpisah. Pada hari pertama, pertemuan dimulai pukul 08.00–09.30 untuk kelas 7A, dilanjutkan pukul 10.00–11.30 untuk kelas 7B, dan seterusnya hingga seluruh kelas tuntas berdiskusi selama empat hari.

Komunikasi Dua Arah Demi Kemajuan Anak

Dalam setiap sesi, pihak madrasah menyampaikan laporan perkembangan siswa, mencakup aspek akademik, kemampuan tahfiz, kegiatan ekstrakurikuler, kebiasaan, hingga prestasi terkini. Selain itu, orang tua diberikan kesempatan menyampaikan masukan, saran, serta kritik yang konstruktif demi kemajuan pendidikan anak.

Kepala MTsN 5 Sleman, Drs. Busyroni Majid, M.Si., menegaskan bahwa pemantauan perkembangan siswa tidak hanya dilakukan pada momen pertemuan tatap muka seperti GEMAR, tetapi juga dapat diakses langsung melalui sistem informasi madrasah.

“Pantauan perkembangan anak-anak juga bisa diakses orang tua secara langsung, satu pintu melalui web madrasah. Bapak-Ibu guru silakan mengamati putra-putrinya secara mandiri,” jelasnya di hadapan para wali murid.

Program GEMAR turut melibatkan seluruh jajaran wakil kepala madrasah, mulai dari bidang kurikulum, kesiswaan, humas hingga sarana dan prasarana. Mereka ikut menyampaikan informasi sekaligus menerima umpan balik dari orang tua.

Lima Subprogram GEMAR untuk Kawal Perkembangan Anak

Dalam kesempatan itu, Pak Busyroni juga memaparkan rangkaian subprogram GEMAR yang menjadi fokus pembinaan siswa:

  • Gemar Tanam: Pantau Anak Madrasah

  • Gemar Lancar: Laporan Capaian Prestasi

  • Gemar Sekar: Sengkuyung Kreativitas Anak

  • Gemar Ajar: Anak Jariyah Akhirat

  • Gemar Santan: Sapa Anak Tanpa Kekerasan

Keseluruhan program tersebut diarahkan untuk memastikan perkembangan anak berjalan seimbang, baik dalam aspek akademik, spiritual, maupun kepribadian.

Peran Orang Tua Sangat Vital

Selain menyampaikan paparan, Kepala Madrasah menegaskan pentingnya sinergi antara madrasah dan keluarga.

“Perkembangan anak di madrasah juga harus dikawal oleh orang tua di rumah masing-masing. Sinergi antara madrasah dan orang tua perlu sinkron. Perkembangan anak di madrasah harus dilanjutkan di rumah. Anak menjadi tanggung jawab orang tua dan madrasah agar anak selalu lebih baik,” ungkapnya.

Mendorong Pendidikan Kolaboratif

Melalui kegiatan GEMAR, MTsN 5 Sleman berharap masyarakat luas, khususnya para orang tua, semakin memahami pentingnya pendampingan yang berkelanjutan bagi anak. Kolaborasi antara madrasah dan keluarga menjadi kunci terciptanya generasi yang unggul, berkarakter, dan berdaya saing.

Program ini diharapkan tidak hanya menjadi agenda internal madrasah, tetapi juga menjadi inspirasi bagi lembaga pendidikan lain untuk memperkuat komunikasi dengan orang tua demi masa depan peserta didik yang lebih cerah. (Hum M5)