VISI dan MISI

MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 5 SLEMAN

A. Visi Madrasah

“Mewujudkan peserta didik yang berkarakter islami, unggul dalam prestasi dan iptek serta peduli dan berbudaya lingkungan”.

Indikator

1. Peserta didik yang berkarakter islami:

  1. Memahami dan melaksanakan pelajaran Agama Islam dengan baik dan benar;
  2. Profil pelajar yang beriman dan bertaqwa kepada Allah Swt. dan berakhlaqul karimah dalam kehidupan sehari-hari;
  3. Menjadi teladan yang baik bagi teman dan masyarakat;
  4. Memahami dan melaksanakan moderasi beragama;
  5. Memiliki kemampuan dalam bidang tahfiz.

2. Unggul dalam prestasi dan iptek

  1. Unggul dan berprestasi dalam bidang akademis maupun non akademis;
  2. Mampu melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi dan diterima di sekolah/madrasah favorit;
  3. Perolehan nilai akademis siswa meningkat dari tahun ke tahun;
  4. Memiliki ketrampilan abad 21;
  5. Memiliki kecakapan digital;

3. Peduli dan berbudaya lingkungan:

  1. Madrasah sehat;
  2. Aksi kolektif secara sadar, sukarela, berjejaring, dan berkelanjutan dalam menerapkan perilaku ramah lingkungan hidup.

B. Misi

  1. Mewujudkan profil pelajar yang beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT, yang berakhlaqul karimah dalam kehidupan sehari-hari dan dapat menjadi teladan bagi teman serta masyarakat.
  2. Menumbuhkan sikap moderasi beragama, baik dilingkungan madrasah maupun di 11 masyarakat.
  3. Menumbuhkan semangat berprestasi, kritis, kreatif, inovatif dan kolaboratif bidang akademik dan non akademik.
  4. Menumbuhkembangkan minat, bakat, dan potensi peserta didik untuk meraih prestasi pada tingkat regional maupun nasional.
  5. Mengembangkan potensi peserta didik yang unggul dalam ilmu pengetahuan dan teknologi melalui pembelajaran yang bermakna.
  6. Meningkatkan peran stakeholder dalam pengembangan madrasah digital.
  7. Melaksanakan pembelajaran yang menerapkan kecakapan abad 21.
  8. Mewujudkan madrasah sehat dan warga madrasah yang peduli serta berbudaya lingkungan.

C. Tujuan Pendidikan MTsN 5 Sleman

  1. Meningkatkan rata-rata hasil perolehan ASPD setiap tahun hingga mencapai 280
  2. Terwujudnya pembinaan minat dan bakat peserta didik melalui kegiatan ekstra kurikuler
  3. Tercapainya budaya meneliti pada pembelajaran riset yang menghasilkan karya ilmiah
  4. Mengembangkan dan melaksanakan pembelajaran kontekstual, literasi, numerasi dan HOTS
  5. Terwujudnya budaya kerja yang kondusif, sinergis dan produktif serta lingkungan yang bersih dan sehat
  6. Terwujutnya pelayan kesehatan yang optimal melalui program UKS/M
  7. Terwujudnya lingkungan madrasah yang bersih, asri, dan nyaman untuk proses pembelajaran sebagai upaya pelestarian lingkungan.
  8. Terlaksananya perbaikan dan pembangunan sarana prasarana yang mendukung kegiatan pembelajaran