Matsanemas News (MTs Negeri 5 Sleman) Dalam upaya meningkatkan pelayanan kesehatan siswa, MTsN 5 Sleman menjalin kerjasama dengan Tim UKS.

Puskesmas Godean 1 untuk mengadakan Tes Screening Kesehatan yang merupakan program rutin setiap tahun. Tim UKS Puskesmas Godean 1 hadir ke madrasah pada Hari Rabu (24/07/24) merupakan jadwal screening kesehatan MTsN 5 Sleman yang wajib diikuti oleh semua siswa kelas 7, 8 dan 9 atau sekitar 381 siswa.

Screening kesehatan yang dilaksanakan oleh Puskesmas Godean 1 meliputi: penimbangan berat badan, pengukuran tinggi badan, pemeriksaan tensi darah, pemeriksaan kesehatan gigi, dan mulut serta pemeriksaan kesehatan telinga, mata dan golongan darah.

Tujuan dilaksanakannya screening kesehatan ini, untuk mendeteksi dini kesehatan siswa, ujar Busyroni Majid selaku kepala MTsN 5 Sleman.

Tim screening beraggotakan dokter, perawat dan perawat gigi. Screening kesehatan yang dilakukan berupa tes tajam penglihatan, pemeriksaan fisik, pemeriksaan telinga dan pemeriksaan gigi. Hasil dari kegiatan screening diserahkan kembali ke madrasah untuk kemudian dilakukan tindak lanjut. Bagi siswa yang sekiranya perlu tindakan medis, diberikan rujukan agar dapat memeriksakan diri ke layanan kesehatan terdekat. Kasus yang banyak dijumpai adalah dalam hal tajam penglihatan. Setiap kelas hampir ada yang minus karena tajam penglihatannya berkurang, sehingga perlu alat bantu kaca mata.

Screening kesehatan merupakan serangkaian kegiatan yang meliputi pengisian kuesioner oleh peserta didik, pemeriksaan fisik dan penunjang oleh tenaga kesehatan bersama-sama tim kesehatan remaja dan guru madrasah. Kegiatan ini dilaksanakan untuk memenuhi persyaratan standar minimal pelayanan bidang kesehatan dan program UKS Puseksmas Godean 1, jelas Endang Vironika kepala UKS MTsN 5 Sleman. (err/pwe)