Sleman (MTsN 5 Sleman) Madrasah digital merupakan salah satu jargon/ikon MTsN 5 Sleman. Hal tersebut sesuai dengan program transformasi digital yang digaungkan Kementerian Agama agar madrasah harus terus berinovasi. Tidak suatu hal yang muluk atas program itu karena program madrasah digital merupakan tuntutan perkembangan teknologi yang terus maju dan berkembang. Generasi saat ini sudah sangat mahir dengan pemakaian/pengoperasian teknologi.
Dalam rangka mewujudkan program tersebut, Busyroni Majid, Kepala MTsN 5 Sleman berinovasi terkait aplikasi yang akan diterapkan dalam digitalisasi MTsN 5 Sleman. Madrasah yang terpilih menjadi madrasah digital harus terus berinovasi dalam segala sesuatu yang berhubungan dengan segala aplikasi guna membantu dalam mempermudah menggunakan atau mengaplikasikan teknologi. Majid menyatakan kebanggaan terhadap semangat dan ikhtiar seluruh bapak ibu guru pegawai yang sangat antusias dalam belajar sesuai tuntutan jaman yang serba digital. Peluncuran madrasah digital ini merupakan salah satu kemajuan dan responsif terhadap perkembangan teknologi. Dengan adanya Madrasah Digital ini dapat mengarahkan siswa untuk belajar secara digital dan meminimalisir penggunaan secara negatif, terangnya.
Madrasah digital di MTsN 5 Sleman yang diprakarsai oleh kepala madrasahnya sendiri yang pakar IT menjadi poin positif sehingga mempermudah dalam mewujudkan MTsN 5 Sleman menjadi madrasah digital. MTsN 5 Sleman Basic Digital Office 365 @guruinovatif.com. Cakupannya semua aspek yang berkaitan dengan konten pendidikan di MTsN 5 Sleman. Adapun sasarannya, 1. Peserta Didik MTsN 5 Sleman 2. Guru MTsN 5 Sleman 3. Kepala Madrasah 4. Orang tua peserta didik 5. Kepala Seksi Dikmad Kabupaten Sleman 6. Kepala Bidang Dikmad Kanwil D.I. Yogyakarta.
Majid memaparkan, Madrasah digital yang dilakukan di MTsN 5 Sleman diharapkan dapat mempermudah akses bagi semua komponen MTsN 5 Sleman dan stakeholdernya untuk mendapatkan layanan informasi dan data yang diperlukan. Data yang diakses terdapat dua tipe, yang pertama dapat diakses dan diedit dan yang kedua dapat diakses namun tidak dapat diedit karena berkaitan dengan konten yang ada di dalamnya. Hal ini diharapkan menjadi bagian upaya transparansi dan keterbukaan informasi publik dan dapat memudahkan monitoring dari pihak yang berkepentingan terhadap MTsN 5 Sleman.
Muatan Festival Digital di MTsN 5 Sleman terdiri dari, 1. Kinerja Guru : Memuat hasil kerja semua guru MTsN 5 Sleman yang meliputi Administrasi Guru, Hasil Supervisi Perencanaan, Pembelajaran dan Penilaian. Manfaat yang dapat diperoleh; a. Masing-masing guru telah memiliki file online yang dapat diakses di manapun dan kapanpun, antar guru dapat saling mengingatkan tentang tugas yang menjadi kewajiban guru. b. Kepala Madrasah dapat memantau secara realtime c. Stakeholder dapat mengetahui kinerja guru MTsN 5 Sleman secara profesional. 2. Kinerja Kamad : Memuat hasil kinerja kepala madrasah dengan 5 kompetensi, managerial, kewirausahaan/inovasi, supervisi, kepribadian dan sosial. Manfaat yang dapat diperoleh; a. Menjadi motivasi guru dan tenaga kependidikan dalam menjalankan tugas. b. Memudahkan monitoring bagi pengawas dan kepala seksi terhadap kinerja kepala madrasah. 3. E-Madrasah : Memuat segala hal yang berkaitan dengan keadministrasian MTsN 5 Sleman yang telah di-online-kan. Manfaat: Memudahkan akses pada saat bukti administrasi tersebut dibutuhkan, seperti saat akreditasi dan PKKM 4. KTSP : Memuat dokumen KTSP yang dijadikan sebagai pedoman proses KBM di MTsN 5 Sleman 5. Data Guru : Memuat data guru MTsN 5 Sleman yang bermanfaat bagi guru atau tenaga kependidikan secara online saat diperlukan secara real time. 6. Supervisi : Memuat semua yang berkaitan dengan supervisi yang berisi : Surat Edaran, jadwal supervisi, hasil supervisi, laporan dan tindaklanjut. 7. E-Dispos : Memuat disposisi secara online kepada yang diberi delegasi kamad berdasarkan surat yang masuk. Manfaat yang dapat diperoleh, semua surat yang masuk telah dapat di-online kan. 8. Prestasi Umum: Memuat data prestasi yang diperoleh oleh siswa, guru, tenaga kependidikan, kepala madrasah serta lembaga pada tahun 2019 s.d. 2023. 9. Pantauan Nilai : Memuat nilai proses yang diperoleh siswa, dapat dipantau oleh siswasiswi dan orang tua dan merupakan bentuk komunikatif antara guru, siswa dan orang tua terhadap hasil yang diperoleh. Semua guru memiliki data nilai proses setiap siswa. 10. Surat Ijin Pulang : Akses Barcode bagi siswa yang akan pulang sebelum waktunya, data yang ada dikoneksikan ke guru BK. 11. Surat Ijin Masuk : Apabila terjadi keterlambatan siswa, maka siswa harus mengakses link barcode, mengisi data dan dibina oleh guru piket. Data yang ada dikoneksikan ke guru BK. 12. Laporan kasus dan Laporan Prestasi : Siapa pun yang menjumpai kasus dan prestasi siswa maka guru akan mengakses link untuk melaporkan dan data telah dikoneksikan ke wali kelas dan BK. 13. Kinerja BK: Semua kegiatan BK dilaporkan secara online dan masuk ke data kepala madrasah, 14. Tahfidz Tematik : Berisikan rekapitulasi Ayat-Ayat Quran yang dibacakan guru setiap masuk kelas dengan terjadwal dalam 1 bulan. Merupakan bentuk nyata diversifikasi madrasah tahfidz. 15. Survei : Diberikan kepada semua tamu untuk mengakses link barcode. Diharapkan dapat menyampaikan tingkat kepuasan dalam menerima layanan MTsN 5 Sleman. Hasil survei terkoneksi dengan ONE DRIVE Kepala Madrasah. 16. Dumas : Memberikan akses bagi stakeholder apabila menjumpai ketidaknyamanan pelayanan MTsN 5 Sleman dan diharapkan dapat segera ditangani dan mencapai ketuntasan. Pengaduan Masyarakat yang masuk akan terakses di ONE DRIVE Kepala Madrasah. 17. RPP Sem_1/2023/2024: Berisikan semua RPP dan Modul Ajar bagi kelas 7, 8 dan 9 pada tahun pelajaran 2023/2024. Semua RPP telah terformat dalam bentuk RPP digital. 18. Video KBM_2023/2024 : Berisikan video KBM yang berkaitan dengan KD semua mata pelajaran. Semua RPP dan Modul Ajar telah dikoneksikan dengan video yang sesuai dengan KD-nya.
Semua konten yang ada dalam Festival Digital MTsN 5 Sleman bersifat Dinamis dan Sistemik serta Realtime dan Kolaboratif antara Guru, Tenaga Kependidikan dan Kepala Madrasah. Diharapkan dengan menggunakan koneksitivitas maka semua komponen madrasah dapat bergerak bersama dan saling mengoreksi sekiranya terjadi kekurangan. Diharapkan pula semangat guru tetap membara karena semua hasil kerja dapat bermanfaat untuk dirinya dan juga komponen madrasah. Berikut ini disampaikan alamat link barcode Festival Digital MTsN 5 Sleman Festival Digital MTsN 5 Sleman, jelas Majid dengan penuh semangat. (err/pw)